Bandung yang Lain

Nyaris setahun aku menjadi “warga” Bandung.. atau kalau pun bukan disebut “warga”, maka sebut saja meramaikan Kota Bandung.. atau.. numpang tinggal😀 Hei.. aku menyukai kota ini diantara kota lain yang pernah kudatangi -kayak yang udah banyak aja-.. adem.. aku tidak berbanjir peluh karena terik disini :D Semoga aku berjodoh dengan kota ini.. paling tidak ditambah selama satu tahun ke depan…

Setelah lumayan lama numpang di kota ini.. seolah-olah baru sadar -lagi-lagi berbincang dengan Arnis- kalau di kota ini..

First, banyak sekali orang gila.. hmh.. semester lalu, pulang PKPA di BBPOM, setiap pulang hampir selalu melihat atau melewati orang gila.. minimal satu.. padahal itu hanya ketika berjalan dari BBPOM ke arah Bali Heaven buat nunggu angkot pulang.. tidak seberapa jauhnya.. hanya berjalan kaki. KP semester ini, ketika berangkat -range pukul 6-6.30- juga melintasi “tempat mangkal” orang gila.. minimal satu, hmh, biasanya dua.. hanya berjalan dari luar gang kost ku yang deretan fotokopian di simpang Dago ke tempat nunggu angkot Cisitu lewat.. lagi-lagi, itu tidak jauh.. Pulang KP.. jika menggunakan angkot Cikudapateuh, maka akan mendapati orang gila yang menempati spot yang sama seperti hari yang kemarin.. dan satu lagi.. di pasar di simpang Dago, ketika pulang, sekedar mencari makan malam. Hmh.. itu masih satu jalur perjalanan rutin setiap hari. Belum jalur-jalur lain yang bahkan belum pernah kujamah atau hanya kudatangi sekali-sekali..

Setiap melewati orang gila, hmh… mau ga mau terlintas pikiran mengapa mereka menjadi seperti itu?.. dimanakah keluarganya saat mereka belum sampai tahap “gila”.. dan apakah mereka peduli?.. Sebegitu besar kah hantaman yang mereka terima hingga tidak mampu berdamai dengan kenyataan yang ada.. Semoga aku, keluargaku, teman-temanku, dan orang yang kukenal tidak ada yang seperti itu.. aamiin..

Second, kalau hujan, kok genangan airnya warna hitam yah?! Waktu aku kecil dulu.. genangan air hujan di tanah itu ya warna tanah.. kuning kecoklatan atau apa lah itu namanya.. Lantas, genangan air di jalan beraspal itu harusnya bening.. sama seperti saat jatuhnya.. tapi.. pada kedua tempat tersebut mengapa warna genangan airnya bewarna hitam?????

Last, yang menjadi topik perbincangan selanjutnya adalah pengamen atau pengemis yang sungguh banyak sekali menurut saya.. Hampir di setiap lampu merah.. Jika sedang pulang KP dari Immanuel, yang mendatangi bus atau angkot itu ya ga cuma satu, tapi estafet, bergantian.. Aku satukan pengamen dan pengemis, karena pada umumnya tempat beroperasi mereka sama.. hanya beda cara.. kalau mau keren, beda kelas.. Yang satu hanya menengadahkan tangan dan menjual iba saja.. yang ini jangan harap dak aku mau nyisihin uangku.. Ada lagi yang “ngamen” hanya modal suara saja, tanpa perkusi.. Wheiii, kalau suaranya bagus, mending.. tapi ini, jujur, pikiranku menyuruh untuk menutup telingaku dengan tangan.. Banyak juga yang nyanyi tapi suaranya maksa.. trus-trus.. kalau lagi naik angkot itu umumnya cuma nyanyi satu bait terus nyodorin topi.. apa-apaan itu.. Walau suaranya bagus, tapi kalau cuma sebait sih… tetep ogah.. Intinya, aku pelit! Kalau mau nyanyi harus modal perkusi.. Minimal gitar beneran.. Terus, suaranya juga harus bagus, minimal enggak maksa.. lagi, lagunya ya yang familiar sama telinga aku,..bahasa lainnya, ya lagu yang aku suka kali yah… hehe😀

Herannya mereka yang ngamen atau yang minta-minta itu adalah USIA PRODUKTIF!!! Kenapa mereka ga cari kerja yang lain coba… lantas terpikir kalau “pendapatan” mereka dari ngamen atau minta-minta itu lebih dari cukup dan pendapatan dari pekerjaan lain yang bisa mereka dapatkan tidak sebesar itu..

So, how? paling tidak untuk bagian yang ini sangat mungkin aku benar kan?

About Meuthia Handayani

complicated..

Posted on February 25, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. jadi kesimpulannya apaan muik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: