Akademi Sepak Bola

Ngebongkar-bongkar leptop dapet file-file yang belum sempat di posting..

Rada lupa, udah berapa lama nginep di leptop ini.. diangsurin satu-satu deh..

Tentang Akademi Sepak Bola.. ternyata beda sama sekolah sepak bola.. yah, biar ga salah kaprah aja nantinya.. siapa tau ada yang mau bikin sekolah bola.. tapi nyebutnya akademi, atau sebaliknya..

=============================================================================================================

Menurut level pembinaan, akademi memiliki level lebih tinggi dibandingkan sekolah sepak bola. Sebab, pembinaan usia dini bisa disebut akademi bila mampu memenuhi syarat. Mulai dari pelatih berlisensi B hingga fasilitas dan target dari akademi tersebut.

Meski punya struktur yang lebih paten dan pelatih yang minimal berlisensi B, ada satu perbedaan dasar antara sekolah dan akademi. Jika calon siswa yang mau belajar di sekolah sepak bola harus mengeluarkan uang untuk pendaftaran dan iuran bulanan, di akademi semuanya gratis.

Jika calon siswa sekolah sepak bola bisa masuk kapan saja selama ada uang, maka di akademi harus melewati proses seleksi. Sehingga hanya yang memang memiliki bakat besar di sepak bola yang bisa mendapatkan beasiswa untuk belajar di akademi.

Di akademi semua siswa akan di didik untuk menjadi pemain yang matang. Tak cuma berlatih teknik dan taktik, tapi juga membentuk karakter dan mental yang akan siap ketika sudah waktunya berubah status menjadi professional.

Semakin banyak akademi yang berkualitas di negri ini, maka diharapkan akan semakin banyak pula peluang munculnya pemain-pemain yang tak hanya berkualitas, tetapi juga punya mental sebagai seorang professional.

 

Syarat sebuah akademi sepak bola

Terdaftar

Akademi sepak bola harus terdaftar di pengurus cabang (pengcab) tempat akademi tersebut berada, terdaftar di Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia, dan masuk dalam database PSSI Pusat

Standar lapangan

Lapangan harus dalam kategori memuaskan dan tidak bergelombang. Kondisi rumput juga harus selalu terawat baik. Sementara ukuran lapangan harus bisa digunakan untuk permainan 11 lawan 11

Organisasi kepengurusan

Selain harus memiliki Pembina, direktur, bendahara, sekretaris, tim pelatih, dan komisi wasit, akademi juga harus memiliki tim kesehatan yang terdiri dari fisioterapis, dokter, dan rumah sakit

Fasilitas latihan

Fasilitas seperti gawang, cones, serta bola harus tersedia. Diharuskan juga memiliki fasilitas penunjang sepertikamar ganti, pusat kebugaran, atau mini bus untuk keperluan latih tanding tim

Eksistensi

Telah terbukti memiliki aktivitas dalam kurun waktu yang cukup lama. Artinya, pengelola akademi mesti memberikan laporan kegiatan selama mereka berdiri. Termasuk jumlah lulusan dan keikutsertaan dalam kompetisi

Kategori umur

Minimal memiliki empat kategori umur. Misalnya kategori U-8, U-10, U-12, dan U-14.

Pelatih

Perbandingan jumlah pelatih dan siswa minimal 1 banding 10. Artinya, apabila jumlah siswa yang sedang mengikuti sesi latihan melebihi 10 pemain, harus menggunakan 2 pelatih. Pelatih itu bisa pelatih utama atau asisten.

Lisensi

Lisensi pelatih kepala minimal B. untuk asisten pelatih minimal memegang lisensi C. syarat lainnya adalah ketersediaan pelatih Pembina yang berlisensi A yang aktif terlibat melatih atau mengawasi latihan.

Program latihan

Sudah memiliki visi dan misi jelas dalam menjalankan program pengembangan pemain. Saat latihan dilakukan, tim pelatih sudah memiliki modul dan pola latihan yang jelas dan terstruktur untuk diinformasikan kepada siswa.

Biaya

Hal ini yang membedakan antara sekolah sepak bola dan akademi. Semua siswa yang masuk ke dalam akademi tidak dipungut biaya apa pun. Mereka mendapat beasiswa untuk belajar di akademi. Untuk mendapatkan beasiswa, calon siswa harus melewati serangkaian tes kelayakan dan kemampuan. Dana operasional akademi bisa diperoleh dari sponsor atau mendapatkan jatah andnggaran dari klub yang menaungi mereka.

 

Taken from soccer edisi 29/xii, 14 january 2012

 

About Meuthia Handayani

complicated..

Posted on May 17, 2013, in Let's Kick It!!. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: