Lebih Jauh, Tentang Bola

anneahira.com

Saat ini sangat banyak bola sepak atau bola futsal yang beredar di pasaran. Harganya pun beragam, mulai dari yang 150 ribu  ke bawah sampai 500 ribu ke atas, sesuai dengan kualitas produk.

Secara umum, bola yang beredar di pasaran dibagi menjadi tiga jenis, yaitu leisure ball, training ball, dan match ball. Karena punya fungsi yang berbeda,material masing-masing jenis juga tidak sama.

JENIS-JENIS BOLA

LEISURE BALL

Sesuai dengan namanya, bola ini ditujukan untuk pamakaian olahraga sepakbola atau futsal yang sifatnya untuk bersenang-senang dan bukan untuk pertandingan professional. Materialnya hanya terdiri dari dua lapisan. Karena itu, kualitasnya tidak terlalu bagus, alhasil daya tahan atau keawetannya tidak lama.

Bagi penghobi sepak bola atau futsal yang frekuensi bermainnya tidak terlalu sering bola jenis ini adalah pilihan yang terbaik. Selain harganya yang terjangkau, material yang digunakannya pun sesuai dengan kebutuhan pemula.

 

TRAINING BALL

Bola jenis ini umumnya digunakan untuk latihan. Materialnya bukan dari bahan yang terbaik. Meski demikian, kualitasnya sudah mendekati bola yang digunakan untuk pertandingan professional. Salah satu kelebihan bola jenis ini adalah ketahanannya yang bagus. Bola ini didesain bisa dipakai dengan frekuensi tinggi tapi harganya terjangkau.

 

MATCH BALL

zimbio.com

Bola ini merupakan jenis yang terbaik, sebab bola ini digunakan dalam pertandingan professional. Untuk menjamin kekuatan danketahanannya, material yang dipakai sampaii empat lapis, wajar jika harganya mahal.

Namun, sebelum membeli bola jenis ini, pertimbangkan baik-baik terlebih dahulu. Jika membeli bola ini untuk digunakan di lapangan yang kondisinya kurang bagus, keunggulan materialnya akan sia-sia, dan terancam capat rusak. Dengan harga yang mahal, bola ini lebih tepat untuk dijadikan memorabilia.

 

 

TIPS MEMILIH BOLA SEPAK

TELITI KONDISI BOLA

Ada beberapa kriteria untuk menilai sebuah bola apakah layak dipakai ataukah tidak. Kriteria tersebut adalah lingkar bola, keseimbangan, kebundaran, berat, dan kerapatan air. Masing-masing kriteia menentukan kenyamanan pemakaian.

Saat ini, hampir semua bola di pasaran memiliki berat dan panjang lingkar yang sama. Perbedaan yang mencolok terdapat pada sisi kebundaran, keseimbangan, dan kerapatan air. Tiga kriteria terakhir ini juga sangat penting bagi kenyamanan si pemakai. Sayangnya, untuk mengukur kebundaran, keseimbangan, dan kerapatan air susah dilakukan secara manual.

Meski begitu, ada satu cara yang bisa dipakai untuk mengetahui tingkat kualitas sebuah bola. Minimal untuk mengetahui bola tersebut layak atau tidak untuk dipakai. Caranya cukup sederhanayakni dengan memastikan bola tidak peyang.

Untuk mengetahuinya, sentuh permukaan bola dengan teliti. Kemudian tending atau dorong bola di lantai. Bola yang bagus akan bergulir lurus. Sedangkan bola yang peyang akan berbelok pada jarak tertentu.

Sementara itu, untuk mengetahui berat dan panjang lingkar bola bisa dilihat dari tulisan yang tertera pada permukaan bola, biasanya ada dua jenis tulisan, yakni aproved dan inspected. Dari dua standar itu yang paling bagus adalah yang bertuliskan aproved . sebab standar inilah yang digunakan untuk pertandingan resmi FIFA.

 

CEK PENTIL BOLA

efdyreadbox.blogspot.com

Ketelitian dalam memeriksa pentil bola kadang sering terlupakan. Sejumlah konsumen cenderung kurang peduli. Mereka sering berasumsi bahwa pentil di bola yang mereka beli pasti sudah bagus. Tak ayal, usai mereka memeriksa bahan dan material, bola langsung dibayar dan dibawa pulang.

Padahal, memeriksa pentil sebelum membeli sangat berpengaruh terhadap keawetan bola. Karena itulah, pastikan pentil bola dalam kondisi normal atau masih berada pada posisinya. Ini untuk mencegah resiko terjadinya kebocoran di sekitar pentil. Sebab pentil yang “tidak beres” rawan bocor saat bola disimpan. Disarankan membeli bola yang sudah terisi udara atau tidak dalam keadaan kempis.

PERTIMBANGKAN TUJUAN PENGGUNAAN

Ada dua teknik pembuatan bola untuk sepak bola. Pertama, dengan metoda jahit tangan. Kedua, dengan metode press mesin. Bola yang dibuat dengan teknik press mesin biasanya terasa lebih keras dibandingkan dengan jahit tangan.

Jika membeli bola untuk pertandingan professional atau kompetisi resmi, sebaiknya memilih bola jahit tangan, dikarenakan kualitasnya yang lebih bagus. Kemungkinan bola berubah bentuk (karena banyaknya benturan) dan kehilangan presisi lebih kecil.

Jika hanya untuk bersenang-senang, bola yang dibuat dari mesin press bisa dipilih. Sebab, harganya jauh lebih murah, dan uang yang dikeluarkan pun sesuai dengan kebutuhan.

 

 

TIPS MEMILIH BOLA FUTSAL

PERHATIKAN KEKERASAN PERMUKAAN

Umumnya bola futsal dibuat dari bahan kulit dan sintetis. Bola dari bahan sintetis lebih mudah didapatkan. Meski begitu, kualitas bola dari bahan sintetis tidak berbeda jauh dengan yang berbahan baku kulit.

Faktor kenyamanan pemakaian bola futsal lebih ditentukan oleh kekerasan permukaannya. Bola futsal yang dibuat dengan teknik jahit tangan biasanya lebih empuk. Kelebihan ini akan membuat bola lebih mudah dikontrol dan tidak terlalu sakit jika mengenai badan.

Ini akan berbeda jika bola dibuat dengan metoda press mesin. Ada kecenderungan permukaan lebih keras dan laju bola lebih cepat. Ketika ditendang pun akan membuat kaki jadi lebih sakit. Tapi, saat ini bola press mesin lebih banyak dipakai oleh masyarakat. Sebab, selain harganya lebih murah, permukaan bola futsal yang keras dianggap pas dengan bola press mesin.

 

PERHATIKAN UKURAN

Ukuran bola futsal berbeda dengan bola sepak. Jika bola sepak ukurannya 5, bola futsal 4. Untuk mengerahui bahwa bola tersebut memang berukuran 4, biasanya tertulis angka 4 di permukaan bola.

Akan tetapi, juga harus berhati-hati. Sebab ada produsen yang tidak menuliskan ukuran bola di permukaannya. Jangan sungkan untuk bertanya langsung tentang ukuran bola yang akan dibeli kepada penjual.

 

PANTULAN BOLA

Factor daya pantul bola sangat menentukan dalam permainan futsal. Sebab akan berpengaruh pada kemudahan mengendalikan laju bola, sekaligus menentukan akurasi tembakan dan umpan.

Untuk mengetahui sebuah bola layak atau tidak caranya cukup mudah. Caranya pantulkan bola dari ketinggian 1 sampai 2 meter. Jika pantulannya sekitar 30-40 cm, bola dikatakan layak atau masuk standar. Namun jika pantulannya lebih tinggi atau kurang dari 30-40 cm, tidak direkomendasikan untuk dipakai.

 

 

TIPS PERAWATAN BOLA

HATI-HATI KETIKA MEMBERSIHKAN

Jika kotor, cukup dilap dengan air. Hal ini untuk menghindari kotoran atau air masuk ke pori-pori bola. Jika ingin dicuci, usahakan dengan disiram. Merendam bola tidak disarankan. Setelah dicuci, secepatnya dikeringkan dan jangan terlalu lama membiarkan bola dalam keadaan basah

 

MENJAGA KELEMBAPAN

Dalam menyimpan, bola lebih baik digantung. Jangan menaruh bola di lantai, sebab suhu lantai yang berubah-ubah akan berdampak besar pada tekanan bola. Sehingga ditakutkan akan mengurangi kelayakan bola tersebut.

 

MENGATASI KEBOCORAN

Kalau bola bocor, memperbaiki dengan metoda penambalan tidak masalah. Asal bola tersebut hanya untuk pribadi dan bukan untuk pertandingan resmi. Tetapi yang harus diingat adalah bola tambaan tidak memiliki kualitas dan kondisi yang sama dengan bola baru.

 

*Taken from tabloid SOCCER edisi 47/XI 21 Mei 2011

About Meuthia Handayani

complicated..

Posted on January 31, 2012, in Let's Kick It!! and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Nur rahmattullah

    Thanks for information. Good !🙂

  2. Cakep neh infonya. Makasih yah….😀

  3. berarti menurut agan bola futsal yang recomended merk apa gan?

  4. bola gmna yang cocok untuk lapangan tanah ?

  5. bola plastikk gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: