Around the Futsal Shoes

“Sepatu futsal itu ada banyak jenisnya, harus jeli dalam memilih, karena akan berpengaruh terhadap performa, durability, dan kenyamanan kaki.” kata Asep Hardian, Product Client Manager League

Dalam beberapa kasus, kesalahan dalam memilih sepatu futsal malah memberikan dampak berbahaya karena dapat menimbulkan cedera. Ambil contoh kesalahan memakai sepatu bergerigi di lapangan futsal jenis vinyl. Hal tersebut akan membuat pemakai rentan terpeleset karena sepatu terasa licin.

“Jenis sepatu yang tidak pas juga mengakibatkan kaki lecet, dan yang terparah telapak kaki cedera karena kelenturan sepatu yang tidak sesuai dengan kaki pemakai.” terang Concept Design Manager Specs, Danang Pramono

Untuk memiliki sepatu futsal yang bagus tidak harus mahal. Mutu sepatu futsal dalam negri tidak kalah dengan buatanluar negri. Hal yang terpenting justru adalah memilih jenis dan kualitas produk. Bukan perkara brand atau harga.

Simak teruuus…

JENIS SEPATU FUTSAL

1. KULIT ASLI

Dari harga, kulit memang lebih mahal. Tapi soal kualitas, jangan diragukan lagi. Sampai saat ini masih dianggap yang terbaik. Alasannya, selain memberikan kelenturan dan kenyamanan, kekuatan sepatu jenis ini lebih tahan lama dibandingkan bahan lain. Terutama yang terbuat dari kulit kanguru.

2. KULIT SINTETIS

Sepatu futsal ini sering disebut imitasi. Keunggulannya sepatu bisa langsung pas dengan bentuk kaki, lentur, dan memiliki tampilan yang lebih variatif dan atraktif. Tergantung selera. Namun durabilitasnya kurang bagus. Mudah sobek pada bahan jahitan dan lapisan luar gampang terkelupas.

3. KAIN atau MESH

thefutebolshop.com

Dari segi harga, paling murah dibandingkan bahan lain. Soal berat, paling ringan. Membantu pergerakan sang pemakai karena ringan, menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas (breathable) karena berpori. Bahan seperti terbuat dari kain. Ada rajutan atau pori-porinya. Jenis ini digunakan pada sepatu futsal jenis sala. Kelemahan paling mendasar, sepatu ini mudah rusak.

CARA MEMBEDAKAN SEPATU KW (PALSU) DAN ORIGINAL

1. KUALITAS OUTSOLE

munyie.com

Biasanya outsole sepatu palsu lebih lunak. Kalau ditekan cenderung masuk ke dalam. Bisa juga sebaliknya, jika keras, terlalu keras dan licin.

2. KUALITAS INSOLE

Perbedakan kualitas insole (tatakan bagian dalam) sepatu asli dengan sepatu KW sangat mudah dilihat. Busa sepatu palsu buruk, tipis, dan kurang kenyal, kebalikan dengan sepatu asli.

3. KUALITAS LEM

Sepatu KW biasanya memakai lem yang berharga murah, yakni lem bewarna kuning. Jika lem tersebut bewarna coklat (lem kuning jika kering bewarna coklat) dan masih agak lengket, kemungkinan besar sepatu tersebut palsu.

4. TES OUTSOLE SEPATU KE LANTAI

Coba pakai sepatu tersebut dan gosokkan outsolenya ke lantai. Sepatu asli biasanya akan menghasilkan bunyi mencicit, karena grip outsolenya terbuat dari karet berkualitas. Sedangkan sepatu palsu biasanya tidak menghasilkan bunyi tersebut

5. PERHATIKAN TUMIT BELAKANG SEPATU

sepatu-futsal.com

Sebagian besar sepatu palsu tidak memiliki heel protector pada tumit belakang sepatunya. Sepatu asli biasanya ada material pengeras di bagian belakangnya agar tumit tidak mudah terkilir.

6. KODE PRODUKSI

sulit.com.ph

Pada sepatu asli selalu ada kode tanggal produksi atau production date code. Tulisannya pasti jelas dan tidak buram. Jika digesek kuku tidak mengelupas.

TIPS MEMILIH SEPATU FUTSAL

1. BENTUK KAKI DAN SOL SEPATU

Kenyamanan merupakan factor utama. Jangan memaksakan sepatu untuk telapak kaki panjang atau telapak kaki anda melebar. Sebab bahan kulit cukup lentur untuk mengikuti bentuk kaki.

Perhatikan juga bentuk dan ketebalan sol sepatunya. Jika telapak kaki anda melebar, hindari cup sole yang berbentuk seperti mangkok. Atau bagian samping sol ada yang ke atas. Ini akan mengganggu kenyamanan. Solusinya cari sepatu dengan sol di bagian samping ada busanya. Jika kaki anda memanjang, pilih yang sol pendek.

Jangan lupa dengan kelenturan sol sepatu. Cara mengetesnya cukup dengan menekuk sepatu tersebut. Jika tekukannya berada di tengah-tengah, berarti sepatu itu kurang bagus. Jika bagian menekuknya sepertiga di bagian atas, sepatu itu bagus, sebab bagian tengah sol sepatu tidak boleh menekuk (saat ditekuk) karena terbuat dari bahan yang keras dan untuk melindungi telapak kaki.

2. GAYA BERMAIN

Jika anda termasuk kategori yang sering mengandalkan bagian depan kaki (toecap) untuk menendang, pilih sepatu yang benar-benar aman di bagian toecap. Sebab ada pelindung tambahan untuk melindungi jari kaki.

offsidesports.com

Sedangkan bagi yang suka menggunakan punggung kaki, bisa memakai model sepatu futsal yang banyak beredar di pasar.

Jangan lupakan dengan bahan sepatu. Pemain yang suka dengan tendangan keras biasanya memprioritaskan sepatu berbahan kulit.

3. BAGIAN ATAS SEPATU

yogyakartacity.olx.co.id

tribunsport.com

Banyak yang tidak terlalu peduli dengan bagian atas sepatu. Padahal, bagian tersebut berhubungan erat dengan kenyamanan saat melakukan tendangan. Oleh karena itu, pastikan bagian atas nyaman dan kuat. Perhatikan jenis bahan dan jahitannya serta bahan pelapis di dalamnya.

Untuk posisi tali sepatu, berada di pinggir lebih nyaman dibandingkan di atas. Pertimbangannya, ruang untuk menembak lebih luas. Namun, bahan lidah sepatu yang berfungsi sebagai penutup harus diperhatikan. Pilih yang sama dengan bahan utama sepatu anda.

*taken from Tabloid Soccer, edisi 36/XI. 5 Maret 2011

About Meuthia Handayani

complicated..

Posted on January 15, 2012, in Let's Kick It!! and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: