Manfaat & Efek Samping Minuman Berenergi dan Isotonik

MINUMAN ISOTONIK

Manfaat

1. Mampu diserap tubuh dengan cepat

Hal ini terjadi karena isotonik memiliki kadar osmolaritas yang sama dengan darah. Minuman ini banyak mengandung elektrolit dan garam. Sangat ideal diminum ketika sedang berolahraga

2. Membantu penyembuhan diare

Penderita diare sangat rentan terkena dehidrasi, biasanya penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman oralit yang banyak. Dan salah satu kelebihan minuman isotonik adalah perannya yang bisa menggantikan elektrolit karena kandungan kedua mineral ini nyaris sama.

Efek Samping

1. Mempengaruhi gigi dan lambung

Jika tidak sedang beraktivitas sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman ini.Isotonik biasanya mengandung asam nitrat. Seluruh asam memiliki sifat erosive dan dapat  berpengaruh pada gigi serta lambung. Bagi pengindap gagal ginjal, diabetes, sakit jantung, dan penderita gangguan lambung, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi.

2. Kepala terasa berat dan pusing

Dokter Kambu (dokter Persipura) mengingatkan , minuman Isotonik sebaiknya diminum sewajarnya saja. Jika dikonsumsi berlebihan bisa membuat kepala sedikit pusing saat berolahraga.

 

MINUMAN BERENERGI

Manfaat

1. Memberikan kebugaran

Hal ini tidak lepas dari efek yang ditimbulkan dari kafein, gula, dan B kompleks. Ketiga unsur tersebut, terutama kafein, bisa merangsang proses metabolism tubuh untuk meningkatkan tenaga tubuh yang sifatnya sementara

2. Mengurangi Lelah

Minuman berenergi memberikan kekuatan ekstra untuk mengatasi rasa lelah karena munculnya semangat untuk terus berada dalam kondisi prima. Selain itu, bisa meminimalkan rasa sakit pada otot selama beraktivitas dan menjadi sumber energy utama otot. Hal ini yang menyebabkan tak gampang merasa lelah.

Efek Samping

1. Menimbulkan dehidrasi

Menurut dr. Paidhon, hal ini bisa terjadi karena efek dari kafein. Dehidrasi akan membuat kekuatan kontraksi otot turun 10 %.

2. Gangguan pada jantung

Kandungan kafein dalam minuman berenergi bisa membuat jantung  berdetak lebih keras dari biasanya dan memacu ketidaknormalan ritme jantung (jika dikonsumsi berlebihan).

3. Rawan Obesitas

Kandungan gula di dalam minuman berenergi ternyata dapat menambah besar badan. JIka berlebihan dapat berefek pada obesitas

4. Susah Tidur

Konsumsi berlebihan minuman berenergi membuat kerja jantung terus berdetak dan memungkinkan kita untuk terus terjaga.

 

MINUMAN OLAHRAGA ALTERNATIF

Air Kelapa

Air kelapa murni yang belum dicampur dengan apa pun bisa menjadi isotonic alami. Sangat cocok dikonsumsi saat berolahraga karena mengandung elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh, sehingga bisa merehidrasi tubuh dan mengganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat.

Selain berfungsi sebagai minuman isotonic, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium, dan potassium yang meningkatkan sirkulasi darah.

 

Susu Cokelat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. John Ivy dari University of Texas menghasilkan temuan bahwa ternyata mengkonsumsi susu cokelat setelah berolahraga lebih bagus dibanding minuman isotonic yang beredar di pasaran.

“Orang yang berolahraga untuk kebugaran akan mendapatkan pemulihan fisik yang optimal jika mereka minum susu cokelat rendah lemak setelah berolahraga dengan keras”, kata Ivy

 

Rebusan Air Kacang Hijau

Hal ini ditegaskan oleh dokter tim Persipura, dr. Agustinus Kambu. Menurut beliau, sebagian pemain persipura selalu mengkonsumsi minuman ini setelah latihan.

Manfaat air kacang hijau tidak kalah dengan isotonik, karena mengandung banyak vitamin. Dalam 110 gram kacang hijau, mengandung 345 kalori, 22.2 gram protein, 1.2 gram lemak, vitamin A, B1, foosfor, zat besi, dan magnesium.

 

*Taken from Tabloid Soccer, Edisi Sabtu, 12 November 2011

About Meuthia Handayani

complicated..

Posted on November 19, 2011, in Learn and Share. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: