Sistem Baru dengan Kesusahan yang Baru

Hari ini mengawali pagi dengan agak tidak menyenagkan,,

Pada pukul 09. 00, dapet sms dari temen.. yang intinya ada perubahan prosedur daftar ulang ke fakultas.. dan info ini berkembang baru hari ini di fakultas.. duH.. padahal waktu daftar ulang tinggal 3 hari lagi.!!

Yeah, imagine that! Banyak omelan yang muncul..

Of course dunK, merasa dirugikan.. sudah 8 hari pendaftaran dibuka, eh, 3 hari sebelum ditutup baru diumumin..

Intinya perturannya minta mahasiswa onlen bareng PA, agar makul yang mo’ diambil bisa disetujui PA langsung..

waduH.. ga banget lah.. menurut kami ga ada hubungannya tuh.. kan bisa dikirim ke imel.. aduh.. aduh..

jika diadakan survey kepada mahasiwa, random sajalah..  maka hasilnya adalah ketidakpuasan terhadap sistem pengelolaan yang ada, baik di tingkat fakultas, maupun di tingkat universitas.. yah, alasannya tentu saja, ga berperi-kemahasiswaan banget deh yang bikin.. kaya’ ga pernah jadi mahasiswa aja..

kepengurusan baru, dekan dan jajarannya, yang diikuti dengan sederet program kerja yang baru.. tentu saja, tujuan utamanya untuk kemajuan fakultas,, mulai dari meningkatkan akreditasi sampai menghasilkan alumni yang lebih berbobot dan mampu bersaing dengan universitas bonafid lainnya.. tapi terkadang pihak fakultas ga mampu bergerak jika sistem dikelola oleh pihak univ, jawaban dari setiap pertanyaan nantinya “tidak bisa, itu dikelola oleh universitas” dan terkadang sesuatu yang dikelola secara global ini menyusahkan, walaupun, tujuan dari “pihak atas” sebenarnya adalah untuk memudahkan..

Bukan salah fakultas dan universitas memang, mungkin salah mahasiswa yang  tak mampu dalam menangkap point dari kuliah yang diajarkan.. hanya problema dari mahasiswa tahun akhir yang memiliki mata kuliah wajib yang bertabrakan dengan mata kuliah di tahun sebelumnya yang harus diulang.. hufh.. padahal di tahun lalu ketika masih di handle oleh pihak fakultas bisa diubah..

Di zaman sekarang, rugi jika tidak bisa memanfaatkan yang namanya internet. Dalam berkomunikasi. serba cepat dan mudah. Twitteran, FB-an, FS, Cybermuslim.. apalagi masalah ngurus Kartu Rencana Studi alias Ka-eR-eS! Ga perlu fotocopy, centang ini, centang itu, atau hitemin ini, hitemin itu.. tinggal di klik, dan BERES! Tapi ga seperti itu kenyataan di kampusQ hari ini. PA dan anak PA-nya harus sama-2 onlen buat nyetujui KRS mahasiswa.. duh.. sepertinya akun milik dosen itu harus diperbaharui, biar dosen bisa nge-akses portal anak PA-nya!!

Jalan menuju kemajuan sulit memang, harus melewati bebatuan yang terjal.. pake sistem coba-coba.. dan yah.. dalam hal ini kami menjadi kelinci percobaan sistem yang baru artinya.. kinda hurt ^^

Perubahan di sini memerlukan proses, jalan yang sangat panjang, harus menguatkan pondasinya dahulu.. ketika terjadi revolusi, tapi tidak didukung oleh pilar-pilar yang mumpuni.. hal yang sama akan terulang lagi.. ketidakpuasan.. pergantian sistem yang terus terjadi.. ketika hal ini didukung oleh pilar yang kokoh, maka penyempurnaan ke depannya yang harus dilanjutkan..

Semoga perubahan-perubahan yang terjadi saat ini bukanlah awal dari perubahan revolusioner tanpa pilar.. melainkan bagian dari pembaharuan yang mencari sosok idealnya..

Wallahu’alam

About Meuthia Handayani

complicated..

Posted on February 8, 2011, in My Colourfull Days. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: